Selasa, 22 Agustus 2017

Perkemahan Wirakarya dan Baktiwisata di Wisata Kampung Enem (WIKEN)

Siswa mana yang nggak mau diajak berkemah? Pasti rata-rata siswa akan bersorak kegirangan saat diajak berkemah sambil wisata. Seperti siswa siswi tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-kecamatan Wajak yang melaksanakan kegiatan perkemahan wirakarya dan baktiwisata di wisata kampung enem (wiken).  Kegiatan berlangsung selama 3 hari, Sabtu (12/8) hingga Senin (14/8). Diawali dengan kedatangan siswa tingkat SMA/MA pada hari Sabtu untuk bermalam. Dilanjutkan siswa SMP/MTs pada hari Minggu. Pada hari Senin, akan dilaksanakan upacara peringatan hari Pramuka ke 56.

Gerbang Depan Perkemahan
Konsepnya berupa wirakarya yaitu pembukaan lahan bumi perkemahan yang diikuti oleh penegak SMA/MA dan baktiwisata yang diikuti oleh penggalang SMP/MTs. Sedangkan siswa SD/MI datang pada hari Senin saat kegiatan upacara. Jadi upacara peringatan hari jadi pramuka yang ke 56 diikuti oleh seluruh instansi pendidikan dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, panitia kegiatan, dan beberapa tamu undangan.
Regu Putri dari MTs. Al Hidayah Wajak 
Kegiatan yang diikuti oleh 1200 peserta ini baru pertama kali dilaksanakan di Wisata Kampung Enem (Wiken). Oleh karena bumi perkemahan baru dirintis, maka perkemahan dilaksanakan secara bertahap. "Karena baru merintis, MCK belum mencukupi, jadi yang bermalam di perkemahan diatur secara bertahap. SMA mulai sabtu, SMP minggu, dan MI tidak bermalam" kata Kak Erik, ketua panitia.


Area Wiken yang akan dibangun sebagai bumi perkemahan berbentuk terasiring, sehingga setiap peserta yang mengikuti bakti wisata diharuskan untuk membawa tanaman puring. Mengapa puring? Karena tanaman puring mudah hidup dan bisa menahan tanah yang miring. Tanaman tersebut rencananya akan ditanam di pinggiran lahan terasiring agar tanah tidak longsor. Kedepan, puring juga bisa sebagai makanan ternak penduduk sekitar Wiken.
Tempat Berkemah yang dibuat per kapling
Lahan perkemahan yang tampak miring
Harapannya, semoga kegiatan perkemahan ini dapat meningkatkan kepedulian peserta kepada lingkungan alam sekitar. Selain itu kegiatan kepramukaan semakin eksis, membentuk generasi muda yang terampil dan bermartabat. SALAM PRAMUKA!!

Minggu, 20 Agustus 2017

Sukses Gelar MTQMN XV, UM Kembali Sabet Juara Umum

Penutupan MTQMN XV (sumber: infokampus.news)
Tujuh hari, sejak 28 Juli hingga 4 Agustus 2017, bumi Arema dipenuhi oleh kumandang ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dikumandangkan  tahfidz dan tahfidzah, dalam gelaran acara MTQMN XV di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM). MTQMN adalah kompetisi tahunan dibidang Al Qur’an yg diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta  se-indonesia.
Bisa dibayangin dong betapa meriah dan ramainya saat acara berlangsung, lha wong pesertanya berasal dari seluruh Indonesia.


Tujuan diadakan kegiatan MTQMN antara lain untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an; meningkatkan Syiar dan Ukhuwwah Islamiyah antar perguruan tinggi se-Indonesia; dan melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia. Kedua universitas negeri penyelenggara, UM dan UB bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut,sehingga pelaksanaan berjalan lancar.
Kegiatan yang diikuti oleh 251 kafilah/kontingen ini juga dimemeriahkan dengan bazar yang dilaksanakan di UB dan UM. Bazar MTQ di UB diikuti oleh 101 stand yang menampilkan aneka kuliner, fashion, dan berbagai lomba serta seminar. Info lengkapnya bisa Anda baca disini dan disini.


Sebelum pembukaan resmi MTQMN di UB, diadakan juga pawai ta'aruf kafilah yang dimulai dari depan Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) dan berakhir di depan Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB) pada Jum'at (28/7). Pawai ini bertujuan untuk memperkenalkan dua kampus tuan rumah, yakni UB dan UM pada para khafilah.

Kegiatan berlangsung meriah karena didukung keberadaan bazar yang dapat menyedot warga Malang untuk datang ke even akbar tersebut. Baik di UM ataupun UB, terpasang spanduk yang kalau orang baca saja sudah tahu bahwa di kampus tersebut sedang ada MTQMN XV.


Hifzhil Qur’an 10 Juz dan 20 Juz di UM
Lomba Syarhil Qur’an di UB

Penutupan MTQMN XV berlangsung di Gedung Graha Cakrawala UM dan dihadiri oleh Sekjen Kemenristek Dikti, Prof. Ainun Na’im, Ph. D., M.B.A. dan juga ketua dewan hakim MTQMN XV 2017, Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, MA. Pada saat itulah dibacakan para pemenang masing-masing cabang lomba oleh Dewan Hakim.

Lomba Tilawatil Qur’an – Putra
Juara 1 : Ahmad Nabil Mubarak (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Juara 2 : Muhammad Endika A. (Universitas Negeri Medan)
Juara 3 : Aidi Rahman (Universitas Brawijaya)
Juara Harapan 1 : M. Miftahul Hasan (Universitas Mulawarman)
Juara Harapan 2 : Nashoikul Ibad (Universitas Negeri Jakarta)
Juara Harapan 3 : Muchtar Nasir (Poltek Negeri Balikpapan)

Lomba Tilawatil Qur’an – Putri
Juara 1 : Suci Indahyati (Universitas Mataram)
Juara 2 : Reni (Universitas Djuanda)
Juara 3 : Meri Rahmadani (Universitas Negeri Padang)
Juara Harapan 1 : Anggi Putri Suhadi (Universitas Negeri Medan)
Juara Harapan 2 : Firdausi Nuzula (Universitas Brawijaya)
Juara Harapan 3 : Siti Ainur Rahim (Universitas Andalas)

Lomba Tartilil Qur’an – Putra
Juara 1 : Ubaidillah Ahmad (Universitas Brawijiya)
Juara 2 : A. Fausi Resa Pahlevi (Universitas Negeri Malang)
Juara 3 : Yoga Bagas Ardiyanto (Universitas Andalas)
Juara Harapan 1 : Rahmad Hidayat (Universitas Al Muslim)
Juara Harapan 2 : M. Ersyad Affandi (Universitas Negeri Medan)
Juara Harapan 3 : M. Hassan Affandi (STKIP Al-Hikmah Surabaya)


Lomba Tartilil Qur’an – Putri
Juara 1 : Ghania Ahsani Rahmadani (Institut Pertanian Bogor)
Juara 2 : Nurin Retno Sawitri (Universitas Islam Indonesia)
Juara 3 : Isma Fitria Ningsih (Universitas Riau)
Juara Harapan 1 : Farah Azizah Zaini (Universitas Negeri Yogyakarta)
Juara Harapan 2 : Affah Maulida (Universitas Negeri Semarang)
Juara Harapan 3 : Sita Rahmania (Universitas Tanjungpura)

Lomba Syarhil Qur’an
Juara 1 : Universitas Brawijaya
Juara 2 : Universitas Malikussaleh
Juara 3 : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Juara Harapan 1 : Universitas Negeri Padang
Juara Harapan 2 : Universitas Airlangga
Juara Harapan 3 : Universitas Negeri Malang

acara penutupan MTQMN XV di Graha Cakrawala UM

Lomba Hifdzil Al-Qur’an 5 juz – Putra
Juara 1 : Moh. Jauhari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Juara 2 : Rusmin Nuryadin S (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Juara 3 : Lalu Sabirin (Universitas Mataram)
Juara Harapan 1 : Siddiq Umary (Universitas Indo Global Mandiri)
Juara Harapan 2 : Mudzakkir (Universitas Tanjungpura)
Juara Harapan 3 : Faizal Amjad Adi P. (Universitas Jember)

Lomba Hifdzil Al-Qur’an 5 juz – Putri
Juara 1 : Fahrunnisa (Universitas Tadulako)
Juara 2 : Wa Ode Jati Ilmadarajat (Universitas Halu Oleo)
Juara 3 : Salmawani Samha (Universitas Syiah Kuala)
Juara Harapan 1 : Hafizhoh Nur Azimah (Universitas Padjadjaran)
Juara Harapan 2 : Vera Wulandari (Universitas Sriwijaya)
Juara Harapan 3 : Apniar (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Lomba Hifdzil Al-Qur’an 10 juz – Putra
Juara 1 : Fazhur R. Rahawarin (Universitas Negeri Malang)
Juara 2 : Suprianto (Universitas Muslim Indonesia)
Juara 3 : Muhammad Ibrahim Fayadi (Universitas Brawijaya)
Juara Harapan 1 : Abdul Aziz Azizi (Universitas Tanjungpura)
Juara Harapan 2 : Abdul Hakim (Universitas Sriwijaya)
Juara Harapan 3 : Ma’ruf (Universitas Islam Jember)

Lomba Hifdzil Al-Qur’an 10 juz – Putri
Juara 1 : Rizki Indah Lestari (Universitas Riau)
Juara 2 : Raihanal Miski (Universitas Syiah Kuala)
Juara 3 : Qurratul A’yuni AM (Universitas Hasyim Ashari Jombang)
Juara Harapan 1 : Ferlima Melati (Universitas Sriwijaya)
Juara Harapan 2 : Luluk Mazlikhah (Universitas Brawijaya)
Juara Harapan 3 : Atikah Shautul Islah (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Lomba Hifdzil Al-Qur’an 20 juz – Putra
Juara 1 : Muhammad Ismail (Universitas Indonesia)
Juara 2 : Hadian Akbar (Universitas Islam Nusantara)
Juara 3 : Muhammad Mu’min (Universitas Djuanda)
Juara Harapan 1 : Ahmad Farhan
Juara Harapan 2 : Richo Dwi Permadi (Universitas Jenderal Sudirman)
Juara Harapan 3 : Muhammad Juwaini (Universitas Syiah Kuala)

Lomba Hifdzil Al-Qur’an 20 juz – Putri
Juara 1 : Hapisah Adawiyah (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Juara 2 : Makiatul Madaniyah (Universitas Negeri Malang)
Juara 3 : Eva Cahyaningsih (Universitas Syiah Kuala)
Juara Harapan 1 : Aisyah Rosyidah (Universitas Sebelas Maret)
Juara Harapan 2 : Laily Fatimatuz Zahro (Universitas Hasyim Ashari Jombang)
Juara Harapan 3 : Asyifa Karima (Universitas Brawijaya)

Desain Aplikasi Alqur’an
Juara 1 : Universitas Negeri Malang
Juara 2 : Universitas Negeri Padang
Juara 3 : Universitas Gadjah Mada
Juara Harapan 1 : Universitas Indonesia
Juara Harapan 2 : Universitas Brawijaya
Juara Harapan 3 : Universitas Airlangga

Lomba Karya Tulis Al-Qur’an
Juara 1 : Universitas Brawijaya
Juara 2 : Universitas Negeri Malang
Juara 3 : Universitas Padjadjaran
Juara Harapan 1 : Universitas  Muslim Indonesia
Juara Harapan 2 : Universitas Gadjah Mada
Juara Harapan 3 : Universitas Pattimura

Lomba Qira’at Sab’ah – Putra
Juara 1 : M. Rizky Dermawan Rokan (Universitas Sumatera Utara)
Juara 2 : Muh. Ali Nahawand Azmi Al Masbut (Universitas Negeri Malang)
Juara 3 : Ali Imran (Universitas Islam Nusantara)
Juara Harapan 1 : Muksaimina (Poltek Lhokseumawe)
Juara Harapan 2 : Khaeroni (Universitas Sultan Agung Tirtayasa)
Juara Harapan 3 : Muhammad Fandholi (Universitas Negeri Semarang)

sumber: infokampus.news
 
Lomba Qira’at Sab’ah – Putri
Juara 1 : Yuafriza Fadli (Universitas Negeri Padang)
Juara 2 : Eva Irmayanti (Universitas Negeri Medan)
Juara 3 : Maulidella (Institut Teknologi Sepuluh November)
Juara Harapan 1 : Fauziah M. Arman (Universitas Andalas)
Juara Harapan 2 : Nurul Wildatir Rohmah (Universitas Negeri Malang)
Juara Harapan 3 : Mawaddah Warohmah (Universitas Riau)

Lomba Debat Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Arab
Juara 1 : Universitas Negeri Malang
Juara 2 : Universitas Gadjah Mada
Juara 3 : Universitas Islam Indonesia
Juara Harapan 1 : Universitas Indonesia
Juara Harapan 2 : Universitas Muhammadiyah Malang
Juara Harapan 3 : Universitas Al-Azhar Indonesia
The Best Speaker Putra: Fakhrur Rozi (Universitas Negeri Malang)
The Best Speaker Putri: Tiyas Kurniasari (Universitas Islam Indonesia)

Lomba Debat Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris
Juara 1 : UIN Maliki Malang
Juara 2 : Universitas Padjadjaran
Juara 3 : Universitas Syiah Kuala
Juara Harapan 1 : Universitas Andalas
Juara Harapan 2 : Universitas Brawijaya
Juara Harapan 3 : Universitas Indonesia
The Best Speaker Putra: Dony Cahyono (UIN Maliki Malang)
The Best Speaker Putri: Fajriyah Novi W. (UIN Maliki Malang)

Lomba Khatthil Al-Qur’an – Putra
Juara 1 : Zainal Arifin (Universitas Lambung Mangkurat)
Juara 2 : Ahmad Fandy T. (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Juara 3 : Alfiyan Arief Mahfuzi (Universitas Negeri Malang)
Juara Harapan 1 : Ikhsan Maulana (ISI Padang Panjang)
Juara Harapan 2 : Abdul Mukli (Universitas Negeri Yogyakarta)
Juara Harapan 3 : Abdul Arif Al-Kamili (Universitas Pendidikan Indonesia)

Lomba Khatthil Al-Qur’an – Putri
Juara 1 : Merli Swadita (Universitas Negeri Padang)
Juara 2 : Anifatuz Zahroh (Universitas Negeri Yogyakarta)
Juara 3 : Fitria Hayati (Universitas Islam Indonesia)
Juara Harapan 1 : Fanida Ariani N. (Poltek Negeri Samarinda)
Juara Harapan 2 : Samsidar (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Juara Harapan 3 : Dwi Ratnawati (Universitas Negeri Malang)

Lomba Fahmil Qur’an
Juara 1 : Universitas Negeri Malang
Juara 2 : Universitas Pendidikan Indonesia
Juara 3 : Universitas Airlangga
Juara Harapan 1 : Universitas Negeri Medan
Juara Harapan 2 : Universitas Hasanuddin
Juara Harapan 3 : Universitas Negeri Padang

Bukti kerjasama kedua tuan rumah tampak pada keberhasilan pelaksanaan MTQMN XV. Selain itu UM dan UB juga masuk dalam peringkat 10 besar MTQMN XV 2017. Tiga urutan teratas yang dimulai dari peringkat ketiga diraih oleh Universitas Negeri Padang, peringkat kedua oleh Universitas Brawijaya dan peringkat pertama UM. Pada perhelatan MTQMN ini, untuk ketiga kalinya UM menjadi juara umum.


Sebagai Runner-Up, UB menyelenggarakan tasyakuran serta sebagai bentuk rasa syukur atas suksesnya MTQMN XV. Saat itu juga berlangsung penganugerahan apresiasi Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Moh. Bisri, MS kepada Kedua Hafidz Cilik Hanani Fatimah Nur Halimah dan Audy Fatimah Nur Lathifah, dari SD Islam As-Salam. Sekaligus perwakilan dari peserta khotmil Quran 7 Hari x 24 Jam yang sebelumnya telah berlangsung di Masjid Raden Patah UB.

Jumat, 21 Juli 2017

Beberapa Tips Waktu Memilih Profesi

Beberapa Tips Waktu Memilih Profesi - Pеntіngnya mеmіlіh pеkеrjaan hampіr sama dеngan mеmіlіh suamі atau іstrі. Prоfеsі adalah sеbuah pіlіhan yang dapat mеmеngaruhі kеhіdupan sеsеоrang sеpanjang umur. Makanya, sеbеlum mеmbuat langkah yang sеrіus іnі, Anda pеrlu mеmpеrtіmbangkan sеmua "prо" dan "kоntra", supaya nantі tіdak tеrjеbak dalam prоfеsі yang tіdak Anda mіnatі.


Pіlіh Jurusan yang Dіsukaі

Pada waktu masuk unіvеrsіtas, sеtіap mahasіswa pastі dіkasіh saran mеngеnaі pіlіhan jurusan darі оrang tua, tеman-tеman tеrdеkat dan kеnalan-kеnalan yang laіn. Namun, sеbеlum mеnеntukan bіdang prоfеsі yang akan Anda tеkunі, Anda harus mеnjawab pеrtanyaan "Apakah іnі sеkadar pеkеrjaan atau mеngabdі?" Nah, bіla tеrnyata tіdak, Anda harus mеncеrmatі dulu, apakah pada akhіrnya Anda akan mеnyukaі bіdang tеrsеbut dan bіsa bеrdamaі sеrta mеlakоnіnya atau tіdak.

Baca juga: Belajar dari Semangat Beny Wahyudi

Yang Pеntіng Hatі Sеnang

Anda mеmang harus suka dеngan bіdang pеkеrjaan yang Anda pіlіh, karеna sеcara umum pіlіhan tеrsеbut pada akhіrnya mеnjadі jalan hіdup Anda yang kadang-kadang sangat susah untuk dіrubah. Hampіr mustahіl untuk mеnjalanі sеsuatu yang tіdak Anda sukaі dеngan suksеs dan hasіl yang pоsіtіf. Namun, jіka sеtеlah masuk suatu jurusan Anda tіba-tіba mеrasa bahwa Anda dapat mеnеmukan kеbahagіaan dіbіdang yang laіn, sеbеnarnya ini tіdak masalah.

Tіdak pеrlu mеmprіоrіtaskan uang

Jangan pеrnah mеncarі pеkеrjaan bеrdasarkan hanya pada kоmpеnsasі dan jumlah uang yang akan dіtеrіma. Jіka Anda hanya bеrpatоkan pada sеgі matеrіal saja, akan susah buat Anda untuk mеnjalanі pеkеrjaan yang dіpіlіh dеngan іkhlas. Apalagі jіka Anda іngіn maju, langkah Anda akan tеrhambat pun tеrsеndat jіka hanya bеrsandar pada upah. Mеnjalanі suatu prоfеsі harus darі hatі bukan uang sеmata.

Baca juga: Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Sіap Bеlajar

Anda harus sеtіap harі mеmpеlajarі іnfоrmasі yang baru, mеngеmbangkan dіrі dan mеnеrіma krіtіkan darі atasan sеrta para rеkan kеrja dі kantоr. Walaupun Anda sangat bеrpеngalaman dalam suatu bіdang, tеtap saja Anda perlu mеnеrіma іnformasі yang baru supaya dapat "stay updatеd". Masalahnya adalah apakah pоla pіkіran Anda sudah sіap untuk mеnjadі sеsеоrang yang sіap mеndеngar krіtіkan, mеnghadapі kеgagalan, mеrasa tеrtеkan, tеtapі tеtap maju.

Sеlalu Punya Jalan Laіn

Dunia kerja adalah bіdang yang dіnamіs sеkalі dan yang bеrkеmbang dеngan sangat pеsat. Makanya, Anda tіdak pеrlu mеmaksakan dіrі bеrtahan dі satu kantоr atau prоfеsі sеlamanya. Anda tіdak bіsa mеngabdі dі satu aspеk saja. Bukalah hatі Anda tеrhadap pеrubahan-pеrubahan yang mungkіn saja dapat mеngarahkan kеhіdupan Anda kеsіsі yang jauh lеbіh mеnarіk.

Itulah beberapa tips waktu memilih profesi, semoga membantu ya. Apakah Anda punya tips lainnya? Sharing yuk di komen. Terima kasih

Sabtu, 15 Juli 2017

MTQ Mahasiswa Nasional XV UB-UM 2017 Dimeriahkan dengan Gelaran Bazar dan Aneka Lomba


Kedua kampus negeri di Kota Malang akan menjadi tuan rumah bersama, ajang nasional Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV pada 28 Juli - 4 Agustus 2017. Selama delapan hari Kota Malang akan dipenuhi oleh hafidz dan hafidzah yang siap menjadi juara. Saya merinding membayangkan, betapa bumi Arema akan dipenuhi kumandang ayat-ayat suci Al-Qur'an.

Baca juga: Menemukan Uang di ATM, ini yang Saya Lakukan


Gelaran kegiatan yang rencananya akan dibuka di Universitas Brawijaya ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA). Cabang yang akan dilombakan antara lain Musabaqah Tilawatil Qur'an, Musabaqah Tartil Qur'an, Musabaqah Qira'ah Sab'ah, Musabaqah Fahmil Qur'an, Hifdzil 5 dan 10 juz, Debat Kandungan  Al Qur'an (Bahasa Inggris) serta Lomba Karya Tulis Al Qur'an. Kesemuanya lomba akan dibagi pelaksanaanya di UB dan UM. Wah... siap-siap macet nih lalu lintas yang mengarah ke dua kampus tersebut 😂



Jika tahun lalu hanya para hafidz yang bisa mengikuti lomba Hifdzil 30 juz, pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke 15 ini pada hafidzah juga bisa ikut berkompetisi. Bahkan rencananya, untuk kategori Hifdzil tersebut akan mendatangkan imam Masjid Masjidil Haram untuk menilai kemampuan Hafiz dan Hafizah. Luar biasa sekali nih...


Even akbar yang mengusung tema "Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 kita integrasikan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur" ini dimeriahkan juga dengan gelaran bazar pada tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus2017 dengan menghadirkan puluhan vendor kuliner, fashion dan craft, lomba mewarna, lomba hafidz cilik, workshop craft decoupage,dan workshop beauty class by wardah. Serta puluhan dorprize dan free 1000 product selama bazar.

Baca juga: Juara Tiga Playpass, DBA AL Hidayah Bangkit


Nah, saat menghadiri event MTQ Mahasiswa Nasional ini pengunjung juga dapat jalan-jalan sembari menikmati kegiatan yang ada di bazar MTQ. Seru banget kan?

Ingin cantik tp ga bisa make up! Ikutan Beauty Class by Wardah aja di Bazar MTQ



Yuk ah, sukseskan MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 dengan meramaikannya dan menghadiri bazar MTQ. Untuk info lebih lanjut Anda bisa menghubungi sekretariat:
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung Rektorat Lantai III Universitas Brawijaya, Jalan Veteran No. 1 Malang. Telp 0341-551611 ext 121, 122, 123. Fax. 0341-565420. Sekretariat di kampus UB ini sekaligus berfungsi sebagai Sekretariat Bersama.
  • Kantor Bagian Kemahasiswaan, Gedung A3, Lantai III Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang. Telp. 0341-551312, psw. 136 atau 138.
E-mail: panitiamtqmn15@ristekdikti.go.id
Website: http://mtqmn15.ub.um.ac.id/

Jumat, 14 Juli 2017

Menemukan Uang di ATM Indomaret Wajak, Ini yang Saya Lakukan

Menemukan uang di ATM Indomaret Wajak, Ini yang Saya Lakukan - Beberapa hari yang lalu, kakak saya menemukan uang di ATM BCA di area Indomaret Wajak. Kronologisnya, kakak saya hendak mengambil uang di ATM Mandiri. Pas lagi antri tiba-tiba anaknya kakak, yang saat itu ikut, mundur-mundur nabrak ATM dan tangannya meraba sesuatu yang ternyata uang. Si anak teriak dong "Ma, ada uang banyak, Ma." Kakak saya kaget dan bilang sama karyawan Indomaret yang kebetulan sedang menata barang di sebelah ATM.

Diluar dugaan, si karyawan malah nanya, "ibu habis ambil uang?" "Enggak, Mas. Saya antri di ATM Mandiri. Trus gimana nih, mas ambil deh." Kakak saya berharap karyawan mengambil uang tersebut, tapi si karyawan malah bilang "Ibu saja yang ambil lalu diserahkan ke kasir."

"Lha kalau saya taruh kasir, trus saya jadi tersangka gimana? Mas mau tanggung jawab?" Kata kakak saya yang segera mengambil uang tersebut dan membawanya pergi setelah sebelumnya meninggalkan nomor hape di kasir Indomaret. Siapa tahu ada yang kembali mencari uangnya.

Lalu, apa yang dilakukan kakak saya? Dia malah berimajinasi, gimana kalau dia jadi tertuduh pembobolan ATM karena ada cctv? Kakak saya bingung antara menyimpan uang tersebut atau menyerahkannya kepada pihak bank? Daaan... taraaaa... akhirnya kakak menyerahkan uangnya ke bank BCA yang ada di Tumpang.

Inilah Akhirnya...

Saat berangkat ke bank, kakak saya khawatir kalau prosesnya ribet. Ternyata enggak, prosesnya cepat dan akurat, hihihi. Ini yang saya suka dari BCA. Bukan promosi lho ya tapi emang kenyataannya gitu, bagi saya bank yang sangat profesional dan nggak ribet itu BCA. #maaftidakterimadebat

Setelah disapa dengan ramah (seperti kebiasaan pegawai bank pada umumnya), kakak saya mengutarakan maksudnya yaitu mengembalikan uang yang telah ditemukan di ATM. Petugas bank tidak segera memberikan form laporan, namun menelepon BCA pusat dan pihak yang bertanggung jawab atas ATM di Kec. Wajak tersebut. Setelah itu barulah kakak saya mengisi formulir tanda terima pengembalian uang. Dah, beres gitu aja sih.

Setelah itu barulah kakak saya merasa free dari jeratan uang temuan yang katanya bikin stress sejenak. Btw, uang 1,5 juta aja bikin stress, trus apa kabar orang yang menemukan uang puluhan juta ya?

Pemilik Uang datang Ke Rumah

Keesokan harinya ada laki-laki yang datang ke rumah setelah sebelumnya menelepon. Dia mengaku sebagai pemilik uang tersebut dan bilang jika uangnya lupa belum diambil karena terburu-buru (emang ada ya orang pergi ke ATM yang tujuannya ambil uang, eh uangnya malah ditinggal. Logis gak sih?). Dia juga mengaku kemarin juga lupa ambil uangnya saat penarikan di ATM yg sama. Nah lho, ini malah lupa dua kali. Hahaha...

Bersyukur sekali kakak sudah menyerahkan uangnya ke bank, gimana kalau belum? Bisa jadi uangnya dibawa orang yang mengaku-ngaku aja. Hiii... syerem...

Jika menemukan uang di ATM...

Saya yakin, jika menemukan uang di ATM, secara refleks kita akan tengok kanan dan kiri? Siapa tahu pemilik uang tersebut masih berada di sekitar situ. Tapi saat gak ada orang, biasanya kita akan mengambilnya begitu saja tanpa berpikir panjang. Beberapa bulan yang lalu saya juga menemukan uang di ATM dan langsung saya ambil dengan tujuan menyerahkannya kepada bank.

Saya pikir-pikir, setelah dua kali kejadian menemukan uang di mulut ATM, berikut ini yang bisa Anda lakukan:
  1. Sebelum Anda mengambil uang yang menempel di mesin ATM, pastikan ada orang terdekat yang mengetahui kejadian tersebut. Jangan langsung diambil, karena siapa tahu itu sebuah jebakan yang dapat menjadikan Anda sebagai pelaku kejahatan. Ada lho kasus yang seperti itu.
  2. Panggillah satpam atau orang yang dekat dengan lokasi jika Anda tidak ingin direpotkan oleh barang temuan tersebut. Terlepas dari pemikiran orang tersebut jujur atau tidak. Yakinkan orang tersebut untuk uang yang Anda temukan, sehingga Anda tidak harus bertanggung jawab.
  3. Jika Anda berpikir harus menyelamatkan uang tersebut, ambil dan pergilah ke bank ATM tersebut. Misalnya uang ditemukan di ATM BCA, ya serahkan uangnya ke bank BCA. Jangan lupa meminta tanda bukti penyerahan uang temuan.
  4. Sebarkan berita melalui sosial media, siapa tahu orang yang kehilangan membaca postingan Anda. Lalu jika ada orang yang mengaku kehilangan uang, tunjukkan bukti bahwa Anda telah menyerahkan uangnya ke bank. Coba kalau Anda belum menyerahkannya ke bank? Lalu uangnya Anda berikan kepada orang tersebut, tapi kemudian datang lagi orang lain yang mengaku. Apa yang akan Anda lakukan?
Jadi, apa yang akan Anda lakukan jika menemukan uang di ATM? Sharing yuk di kolom komentar.


Selasa, 11 Juli 2017

Apa itu Anyang-anyangan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

sumber: homepage uricran

Hai sobat, kali ini Mimin akan bagikan informasi non reportase ya. Kalau biasanya yang diposting berita, sekarang info tentang kesehatan. Apakah sobat pernah merasakan anyang-anyangan? Iya, merasa sering ingin buang air kecil tapi tidak tuntas. Hati-hati sobat, jangan disepelekan. Anyang-anyangan bisa jadi awal penyebab penyakit Infeksi Saluran Kemih, lho. Apalagi jika terjadi pada ibu hamil, infeksi bisa menyebabkan keguguran lho, Sob.

Baca juga: Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil, Cegah dengan Prive Uri-Cran.

Lima dari sepuluh wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang ditandai dengan anyang-anyangan. Meskipun wanita lebih banyak yang terjangkit ISK bukan berarti laki-laki tidak. Oleh karena saluran kemih pada wanita lebih dekat ke saluran pembuangan, sehingga rentan terkena ISK.



Bagaimana sih ciri-ciri orang yang terkena anyang-anyangan?
  1. Terkena HIV (Hasrat Ingin Vivis) hehehe.. Jadi keinginan buang air kecil semakin tinggi namun dengan volume sedikit-sedikit.
  2. Pada wanita panggul terasa nyeri, pada pria gejala nyeri pada anus
  3. Saat buang air kecil terasa perih
  4. Kadang air seni berwarna pink yang menandakan mengandung darah dan berbau menyengat.
  5. Badan terasa lelah dan kurang sehat.
  6. Suhu badan meningkat atau demam
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah minum air putih saja sudah cukup?
Belum, minum air putih saja tidaklah bisa menyembuhkan anyang-anyangan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bahkan mencegah anyang-anyangan.
  1.  Jika anyang-anyangan karena dehidrasi, maka bisa diatasi dengan banyak minum air putih
  2.  Menggunakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketak. Hal ini untuk mencegah semakin berkembangnya bakteri yang terjadi karena anyang-anyangan.
  3. Mengonsumsi cranberry yang telah terbukti dapat mengobati anyang-anyangan dan mencegah bakteri berkembang biak sehingga menyebabkan Infeksi Saluran Kemih.
  4.  Selalu menjaga daerah kewanitaan, misalnya dengan mengganti pakaian dalam jika sudah lembab dan membasuhnya dengan benar yaitu dari arah depan ke belakang.
  5. Memeriksakan diri ke dokter, jangan menganggap remeh anyang-anyangan. Segera periksakan diri ke dokter jika merasa anyang-anyangan berlebihan.
Salah satu buah yang dipercaya dapat mengobati anyang-anyangan adalah buah cranberry. Buah berwarna merah tua yang banyak mengandung vitamin C dan E dan dipercaya sebagai antioksidan.Tapi buah yang termasuk tanaman liar ini banyak ditemukan di Amerika dan Kanada. Apa iya mau ke sana? Hahaha. Gak usah jauh-jauh nyari cranberry ke Amerika ya, Sob. Cukup beli Uricran, ekstrak cranberry aja sebagai solusi alami mengobati anyang-anyangan.

Rata-rata, wanita usia 20 tahun dapat menderita infeksi saluran kemih yang berawal dari anyang-anyangan. Memang benar, jika disepelekan anyang-anyangan menyebabkan ISK. Oleh karenanya harus segera diatasi dengan mengonsumsi uricran yaitu ekstrak cranberry yang mengandung proanthocyanidins dan dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab ISK. 

Selain itu cranberry bersifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak menempel pada saluran kemih, sehingga Anda terbebas dari infeksi. Sobat, cranberry juga sebagai anti kanker karena mengandung flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin. Sebenarnya sudah sejak dulu cranberry digunakan sebagai bahan pengobatan alami berbagai macam penyakit. Namun, akhir-akhir ini cranberry populer sebagai antioksidan dan diolah sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan saluran kemih. 

sumber: homepage uricran
Nah, ekstrak cranberry bisa Anda dapatkan di dalam uricran. Berbentuk kapsul dan sachet, dapat dipilih sesuai selera dan kondisi. Saat di rumah, Anda bisa menggunakan sachet untuk diminum dengan air dingin maupun hangat. Sedangkan jika sedang bepergian Anda bisa menggunakan kapsul yang tentunya lebih efektif. Belinya pun mudah, banyak dijual di apotik dengan harga terjangkau. Kemasan 10 tablet/strip dengan harga kisaran Rp. 48.000 - Rp. 50.000/strip, atau kemasan sachet yaitu satu dus isi 15 sachet, sekitar Rp. 7000/sachet.

Jangan khawatir tentang keamananya, karena telah teruji secara klinis Yuk, segera atasi jika Anda terkena anyang-anyangan. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan, stay healthy.



Sumber
http://uricran.co.id/cranberry-story/
http://lifestyle.kompas.com/read/2015/08/01/120000023/Apa.Penyebab.Anyang-anyangan.



Selasa, 20 Juni 2017

Malang Night Paradise, Grand Opening Memukau dengan Artis

Kedatangan Anang Ashanti di Malang Night Paradise memukau pengunjung. Terang saja, grand opening Malang Night Paradise semakin memukau, karena tidak hanya disambut dengan gemerlap taman lampion, tapi juga kedatangan artis ibu kota. Taman wisata malam yang berada di Hawai Waterpark ini semakin wajib dikunjungi dengan kehadiran beberapa hewan purbakala, dinosaurus.

Baca juga:  5 Alasan Malang Night Paradise Berbeda

Ashanti bersama Arsy di Malang Night Paradise (foto by malangcitizen.com)

Selain Anang Ashanti, grand opening Malang Night Paradise juga dihadiri oleh Abah Anton, Walikota Malang. Namun saya tidak berhasil meminta pendapat abah Anton karena beliau belum berkeliling saat saya hendak pulang. Hehehe. Keren banget deh kalau sampai artis ibukota dan juga Walikota Malang penasaran dan datang langsung ke Malang Night Paradise. Kamu penasaran juga? Langsung aja datang ke Malang Night Paradise. Cuma bayar tiket Rp. 25000 saat weekday dan Rp. 35000 jika weekend, mulai jam 17.30 kamu bisa berkeliling di taman lampion dan dinosaurus park dengan sangat puas. Gratis juga untuk anak yang tingginya kurang dari 85cm.

Baca juga: Apa itu Anyang-anyangan dan Cara Mengatasinya



Jangan lupa untuk siapkan HP full batteray biar kamu tidak kecewa karena tempatnya instagramable. Sejak masuk dari pengecekan tiket kamu akan disuguhi pepohonan dengan gemerlap lampu warna warni. Setelah melewati pintu masuk Malang Night Paradise yang ditandai dengan dua Tirex besar pengunjung akan semakin terpukau melihat pemandangan yang glowing. Dengan wahana terliar, Malang Night Paradise akan menjadi wisata malam pertama di Kota Malang yang dapat dinikmati oleh semua usia.

Baca juga: Ceriakan Anak Yatim dengan Outbound



Apa saja yang bisa pengunjung nikmati di Malang Night Paradise? Banyak, mulai dari dancing water fountain yaitu air mancur yang bergerak seiring alunan musik, lampion dengan tema jamur, burung merak, bunga, angsa, guci rusia, collosium, panda, dan lighting tunel. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati taman dinosaurus yang menampilkan berbagai jenis dinosaurus dari jaman purbakala disertai keterangan gambar. Bisa sekalian belajar mengenala hewan purba. Ada juga spot yang dapat menggambirakan anak-anak, yaitu tyrex ride dan sweet dancing.


Bagi Anda yang tertarik dan penasaran dengan keberadaan Malang Night Paradise silahkan datang langsung ke Perumahan Graha Kencana, Karanglo. Berada agak jauh dari jalan raya membuat tempat wisata malam ini jauh dari kemacetan. Selain itu areal parkirnya juga luas. Tak perlu risau jika Anda lapar setelah berkeliling, ada foodcourt dan drink court yang dapat dikunjungi. Fasilitas lainnya ada ATM, toilet, musholla, dan area wifi. So, tunggu apa lagi? Segera ajak pasangan dan teman-teman Anda untuk berkunjung ke Malang Night Paradise.

Sumber:www.malangnightparadise.com